LEGENDA CETBANG,SENJATA LEDAK MILIK MAJAPAHIT YANG ANGKER

Majapahit adalahkerajaan besar yang sedang di Nusantara. Dahulu kala kerajaan ini dikenal sebagai kerajaan yang paling maju.

 Cakupan distrik kekuasaannya pun paling luas, tidak hanya wilayah yang berada di dekat Indonesia saja, dominasi kerajaan ini pun mencakup semenanjung Malaya, Thailand dan Singapura. Sebagai negara maju, angkatan perang Majapahit paling kuat serta ditakuti pada masa itu. 

Tidak melulu para prajurit yang gagah berani yang jago ilmu kanuragan laksana di televisi saja, ternyata kerajaan Majapahit juga mempunyai senjata modern dengan teknologi tinggi serupa bazoka.

Senjata ini adalahsenjata yang dapat diledakan serupa dengan mesiu. Selama ini yang anda ketahui melulu pedang, bambu runcing serta senjata tradisional beda yang dipunyai oleh Majapahit. Maha patih Gajah Mada yang familiar dengan sumpah palapa telah sukses menciptakan sekian banyak  teknik perang. 

Ia pun sukses menciptakan senjata mematikan yang dinamakan Cetbang. Senjata ini dapat menimbulkan ledakan andai disulut oleh api. Sangat serupa dengan Bazoka, senjata canggih saat ini.

Cetbang ini memiliki sekian banyak  jenis ukuran, mulai dari yang mempunyai panjang selama 1 meter sampai 3 meter. Kekuatannya yang spektakuler membuat angkatan perang Majapahit semakin ditakuti, senjata inipun menjadi senjata tumpuan yang tidak jarang kali dibawa saat pertempuran termasuk di taruh di armada kapal laut. Saingan dari Cetbang ialah senjata Meriam kepunyaan Tiongkok.


Para penjajah meningkatkan keterampilan untuk mengungguli Cetbang. Sayangnya, sepeninggalan Gajah Mada, cetbang tidak dikembangkan. Ilmu penghetahuan dan teknologipun berhenti sampai akhirnya cetbang dapat dikalahkan oleh senjata semua penjajah eropa yang jauh lebih modern. Sisa cetbang kini dapat dilihat di museum The Metropolitan Museum of Art, Amerika.

Berkaca dari Cetbang, teknologi nenek moyang sudah berkembang dengan pesat. Sayangnya teknologi tersebut tidak dilanjutkan oleh generasi penerusnya sehingga melulu menjadi kisah dalam sejarah.
Sumber: boombastis.com