JENDRAL SOEDIRMAN,BAHKAN DI TOKYO JEPANG PATUNGNYA MENJADI MONUMEN PENGHORMATAN

Adanya patung Jenderal Soedirman di jantung ibukota Jepang
Jika mungkin ialah hal umum menyaksikan patung pahlawan yang di bangun sebagai pengingat jasanya di Indonesia, tetapi ada yang bertolak belakang di Jepang. Ya, pasalnya di negeri bunga sakura ini suatu patung pahlawan bukan pribumi dari sana berdiri dengan kokoh. Tepatnya di antara jenderal ternama anda Soedirman ternyata monumen pengingatnya di bina di sana.



Patung Sudirman Tokyo ]
Tidak tanggung-tanggung, lokasi dibangunnya sendiri sedang di lingkup wilayah kementerian pertahanan Jepang di wilayah Tokyo. Usut punya usut, dibangunnya monumen ini memang hasil dari kerja sama antara kedua negara untuk memperingati serta memuliakan jasa semua pahlawannya. Mengingat jenderal Soedirman ialah pahlawan kedua bangsa.

Dibangun dan diasuh dengan serius sebab masalah historis kedua negara
Lalu mengapa jenderal Soedirman yang dipilih guna dijadikan monumen di Jepang? Ternyata tersebut semua bersangkutan dengan sejarah dari kedua negara ini. Kita tentu ingat ketikan Jepang masih  di Indonesia dulu pada perang dunia. Ya di tanah air anda pasukan Nippon sempat menyusun PETA sebagai pasukan yang akan mengayomi Indonesia dari segala ancaman dari luar.


Dan di pasukan tersebut pula lah sang Jenderal Soedirman memulai karirnya sebagai di antara jenderal sekaligus tentara yang paling piawai. Pun demikian sesudah Jepang sudah meninggalkan Indonesia, sang jenderal tetap sedang di depan dengan tentara republik Indonesia waktu tersebut untuk menghalang segala ancaman dari luar.

Bukan melulu sebuah monumen biasa, namun bukti sejarah yang paling dihormati
Di Indonesia mungkin ialah yang sering disaksikan ketika patung-patung atau monumen sejarah lainnya tampak tidak terawat dan seolah dilupakan. Namun nyatanya guna patung jenderal Soedirman di Tokyo yang di bina 2015 ini selalu dilaksanakan perawatan yang rutin. Bukan sebab apa tetapi memang mungkin bersangkutan dengan pola pikir masyarakat Jepang sendiri yang paling menghargai sejarah


Persahabatan kedua negara

Belum lagi semenjak kesatu kali dibangun, selalu diselenggarakan pemberian bunga pada patung ini sebagai simbol penghormatan yang setinggi-tingginya. Pun demikian hingga sekarang, pekerjaan seperti ini masih dilakukan. Salut pun dengan semua masyarakat Jepang ini ya…. buat bangga.
Rencana pembangunan patung Soedirman tidak melulu di satu lokasi di Jepang

Siapa yang menyangka bila salah satu pemerhati Kritikus diplomatik Jepang Hideaki Kase mengungkapkan rencana tak biasa yang bersangkutan dengan patung ini. Bagaimana tidak, pasalnya dirinya sedang gencar-gencarnya untuk menyuruh dalam membina patung jenderal Soedirman beda di wilayah Jepang.


hideaki-kase [sumber gambar]
Menurutnya, memang penting andai harus membina sosok ini, menilik jasanya dulu dapat menjadi simbol persahabatan antara kedua negara. Dia memandang satu patung saja tidak cukup, orang-orang Jepang mestinya saling mengoleksi dana untuk membina patung Soedirman lain, lebih kecil juga tak apa. Terutama mereka yang memang terdapat kakek moyangnya yang sempat jadi tentara yang dikirim ke Indonesia.
Tentunya adanya niatan masyarakat Jepang dalam membina monumen guna pahlawan Indonesia ini menjadi urusan yang patut dibanggakan. Tentunya kita pun tak boleh kalah bakal hal itu, menilik itu ialah pahlawan pribumi Indonesia. Entah tersebut generasi muda atau tua, mesti sama-sama memuliakan para pahlawannya