MITOS PARA PENGHUNI GUNUNG MERAPI

Melihat Gunung Merapi dari kaca mata warga di dekat lereng ternyata memiliki sistem keyakinan khusus. Seperti dikutip dari tribunjogja.com (24/05/2018), untuk mereka eksistensi Merapi tidak hanya fenomena panjang geologis, tapi sebab proses alam yang adikrodati. Di Merapai terhadap kehidupan yang menggerakkannya yang dinamakan Eyang Merapi.

Nah, inilah ini ialah sosok-sosok penghuni Merapi menurut keyakinan warga yang meereka punya nama dan tugas setiap untuk menjaga ekuilibrium alam di distrik Merapi. Bahkan sejumlah di antaranya tidak jarang dipuja-puji dalam upacara labuhan Keraton Yogyakarta.

1) Eyang Rama dan Eyang Permadi, sosok makhluk halus kakak beradik ini diandalkan  sebagai figur utama penghuni Merapi. Mereka pegang pucuk pimpinan dan masyhur dengan sebutan Eyang Merapi.


2. Nyai Gadung Melati, sosok pimpinan lelembut perempuan berseragam warna gadung melati atau hijau daun yang bertugas merawat kesuburan dan kehijauan tanaman.



3. Kartadimejo, diandalkan  sebagai komandan pasukan makhluk halus dan penjaga satwa Gunung Merapi. Tokoh ini lumayan dikenal akrab sebab sering mengunjungi penduduk guna memberi tahu kapan tepatnya Merapi meledak.



4. Kiai Petruk, figur perwayangan yang jadi keinginan penduduk di saat-saat kritis Merapi. Di pundak Kiai Petruk berikut keselamatan warga tergantung, pasalnya dirinya tidak jarang datang dalam mimpi menjelaskan teknik menyelamatkan diri.


5. Eyang Antaboga, sosok pimpinan makhluk halus di dasar gunung yang melaksanakan tugas menjaga ekuilibrium gunung supaya tak terbenam ke bumi.


6. Eyang Megantara, sosok pimpinan setan di pucuk gunung yang bertugas menjaga ekuilibrium cuaca. Konon, dedemit ini baik kuda terbang dan sesekali menunjukkan diri untuk penduduk. Itu sebabnya perangkat sesaji labuhan Keraton Yogya kadang butuh mempersembahkan pakaian kuda yang familiar disebut Kiai Cekatak.


7. Kiai Wola-Wali, dikenal sebagai dedemit penjaga teras Keraton Merapi.

8. Kiai Sapuangin, sosok pimpinan makhluk halus yang khusus menata arah dan lambat cepatnya deru angin gunung.


9. Eyang Sapujagad, sosok pemuka makhluk halus penunggu kawah Merapi sekaligus kunci penentu meletus tidaknya Gunung Merapi.

Gimana menurut keterangan dari sobat